Wartawan Jatimtimes (baju hijau) memimpin seluruh persidangan pemilihan Ketua FKWL (Foto : Moch. R. Abdul Fatah)
Wartawan Jatimtimes (baju hijau) memimpin seluruh persidangan pemilihan Ketua FKWL (Foto : Moch. R. Abdul Fatah)

Pergantian kepemimpinan Forum Komunikasi Wartawan Lumajang (FKWL), hari ini Kamis (20/4) berlangsung sangat singkat dan menghasilkan kepengurusan baru untuk masa dua tahun kedepan.

Rapat hari ini sedianya akan membahas kegiatan FKWL kedepan dan membetuk panitia musyawarah untuk pergantian kepengurusan FKWL yang berlaku dua tahun.

Seluruh anggota yang hadir kemudian sepakat menunjuk wartawan Jatimtimes.com, Moh. Imron Ghozali sebagai Ketua Panitia dan Fitro Kurniadi dari Memo Timur sebagai sekretaris.

Agenda musyawarah pemilihan ketua diagendakan dua minggu dari hari ini untuk mempersiapkan berbagai keperluan musyawarah, termasuk persiapan pembuatan laporan pertanggungjawaban (LPJ) pengurus sebelumnya yang dinyatakan demisioner.

Namun ditengah rapat berlangsung, seorang anggota meminta proses dipercepat dan musyawarah digelar hari ini juga. Kemudian seorang peserta musyawarah menanyakan kesiapan Ketua Panitia, dalam hal ini Moh. Imron Ghozali untuk memimpin persidangan, jika musyawarah digelar hari ini.

“Kalau saya sangat siap, tapi LPJ-nya bagaimana. Ini organisasi mas. Kalau belum ada LPJ dari pengurus, pemilihan ketua tidak bisa dilaksanakan. Kalau siap sekarang, saya gelar sekarang juga musyawarahnya. Jangan khawatir, pasti saya tuntaskan,” kata Imron tegas.

Tak urung, pernyataan Imron Ghozali disambut oleh pengurus demisioner, dan rapat diskors selama 30 menit untuk pembuatan LPJ.

Usai LPJ disiapkan dan dibagikan kepada seluruh peserta, musyawarahpun dilakukan. Ketua lama Moh. Arif dari JTV akhirnya terpilih kembali, sedangkan sekretaris yang sebelumnya dijabat Abdul Rahman dari Kompas TV berpindah posisi kepada Heriyanto dari Radio Semeru FM.

Seluruh proses berjalan dengan fair dan dilakukan dengan pemungutan suara. Walau sempat ada usul yang simpang siur, Moh. Imron berhasil mengendalikan dengan baik.

“Ini yang mimpin saya, kalau bicara gantian. Ini organisasi, tentu ada mekanisme untuk mengemukakan pendapat dan harus tetap dibawah pimpinan rapat, biar tidak kacau,” kata Imron Ghozali meredakan suasana.

Akhirnya, pemilihan ketua berhasil dituntaskan, dan seluruh wartawan meninggalkan kantor FKWL untuk kembali kantornya masing-masing karena waktu mulai sore dan saatnya seluruh wartawan mengirim berita.