Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Penuhi Kuota 10 Persen, Dana Desa Meningkat

Penulis : moh. imron - Editor : Lazuardi Firdaus

14 - Feb - 2017, 11:45

Placeholder
Patria Dwi Hasti Adi AP, sekdin Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Lumajang

Seluruh desa di Kabupaten Lumajang bakal menerima penambahan dana desa (DD) tahun ini. Peningkatan DD itu bersumber dari APBN untuk memenuhi kuota 10 persen.

 

"Tahun ini bakal mengalami peningkatan dibandingkan tahun kemarin," ujar Patria Dwi Hasti Adi, sekdin Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Lumajang.

Tahun 2017 ini, kebijakan yang diambil tetap sama. Menurut Patria, kebijakan tetap mengacu pada pedoman yang sudah ditentukan oleh Kementerian Desa dan PDTT. 

Menurut Patria, pedoman penggunaan alokasi dana desa hampir sama dengan tahun lalu. Jadi, yang diutamakan adalah pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat.

Meski begitu, ada yang menonjol tahun 2017 ini. Yakni terkait penerimaan dana desa di semua desa yang ada di Lumajang. “Alokasinya tahun 2017 ini ada beberapa desa yang mengalami kenaikan,” ungkapnya.

Tetapi secara persentase, hampir rata-rata semua desa itu mengalami kenaikan. Cuma besaran kenaikan dana desa berapa, dia tidak bisa menguraikan detail. “Silakan ke kantor. Terapi kami memastikan, total keseluruhan memang ada kenaikan,” ucapnya.

Total kenaikan itu terjadi karena memang ada di tahapan yang ditentukan oleh kementerian desa. Yakni Sejak tahun pertama dialokasikan dana desa di seluruh Indonesia. (*)


Topik

Peristiwa dana-desa Peningkatan-DD



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

moh. imron

Editor

Lazuardi Firdaus