Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

PMII Sebut Jokowi Gagal Wujudkan Nawa Cita

Penulis : Adi Supra - Editor : Heryanto

11 - Jan - 2017, 14:41

Placeholder
Demo PMII di depan gedung DPRD Jatim (foto: adi s/surabayaTIMES)

Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Jawa Tiimur menyebut Presiden RI, Joko Widodo gagal mewujudkan nawa cita untuk rakyat. Hal tersebut terlihat dengan kenaikan ВВМ pada 5 Januari 2017.

Selain ВВМ, kenaikan juga terjadi pada harga tarif dasar listrik, dan penerimaan negara bukan pajak.

"Pemerintah tidak mampu mengendalikan harga ВВМ sebagai salah satu bagian dari kebutuhan pokok dari masyarakat," tegas Ketua umum PKC PMII Jatim, Zainudin ketika demontrasi, di depan gedung DPRD Jatim, Rabu (11/1/2017).

Menurut Zainudin, dalam hak ekonomi sosial dan politik,negara bertanggung jawab atas kebutuhan dasar ekonomi dan politik setiap warganya.

"Manakala hak dasar itu tidak tercapai oleh negara, logika sederhananya negara gagal untuk menuaikan tanggung jawab dengan tuntas," paparnya.

PMII menyebut awal pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla memiliki sembilan janji dalam nawa cita. Salah satu janji tersebut adalah menggerakan produktifiitas dan menciptakan kemandirian eknomi dalam dosmetik untuk mampu bersaing dengan ekonomi internasional.

"Janji ini hanya menjadi pemanis nawa cita yang tidak mampu ditepati secara maksimal," katanya.

Menurut Zainuddin, membangun dari pinggir sebagaimana janji Jokowi pada item ke-3 dalam nawa cita, hanya bertumpu pada pembangunan infrastruktur.

Padahal pembangunan infrastruktur dianggap hanya upaya untuk mengundang investor masuk ke Indonesia.

"Manakala investor sudah masuk dan mengelola sumber daya alam yang ada, maka secara tidak secara langsung menjadi awal dari babak selanjutnya dari keroposnya kedaulatan Indonesia dari sisi eonomi," ujarnya. (*)


Topik

Peristiwa PMII Jokowi Nawa-cita



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Adi Supra

Editor

Heryanto