Brosur perhelatan haul ke-7 almarhum KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur). (Foto: PP Tebuireng/JombangTIMES.com)
Brosur perhelatan haul ke-7 almarhum KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur). (Foto: PP Tebuireng/JombangTIMES.com)

Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, sudah menetapkan perhelatan haul ke-7 almarhum KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) pada Sabtu (7 Januari 2017) mendatang di halaman pesantren setempat. 

Ketua panitia haul Iskandar mengungkapkan, perayaan kali ini akan dihelat dengan tahlil akbar bersama sesepuh pesantren Tebuireng dan masyarakat Jombang. Di samping itu, panitia juga telah mengundang beberapa pembicara dalam kegiatan ini.

"Kami akan merayakan haul Gus Dur dengan tahlil akbar dan pengajian umum oleh tiga pembicara yang telah kami undang," katanya kepada JombangTIMES.com, Senin (26/12/2016). 

Kepala Pesantren Putra Tebuireng itu menambahkan, dua dari tiga pembicara tersebut merupakan sahabat dekat Gus Dur sendiri semasa hidup. Pastinya, lanjut dia, mereka banyak paham terkait kehidupan mantan presiden ke-4 Republik Indonesia itu di mata sahabat-sahabatnya.

"Pembicara yang pertama adalah Anregurutta KH Sanusi Baco Lc yang merupakan sahabat dekat Gus Dur). Kemudian pembicara selanjutnya KH Abdullah Syarwani SH, mantan dubes di Lebanon yang juga sahabat Gus Dur. Dan yang terakhir Prof Dr H Imam Suprayogo, guru besar UIN Maliki Malang," jelasnya.

Iskandar mengajak kepada elemen masyarakat, khususnya di Kota Santri ini, untuk ikut serta merayakan dan memeriahkan rangkaian kegiatan haul Gus Dur di halaman Pesantren Tebuireng. "Kita selalu bersama-sama memperingati haul Gus Dur. Tahun ini mari kita tetap meriahkan haul dengan menghadiri acara haul ke-7 ini," ucapnya. (*)