Ilustrasi.(Foto : Istimewa)
Ilustrasi.(Foto : Istimewa)

Unit Reserse Kriminal (Reskrim) Polsek Kanigoro, Kabupaten Blitar, menangkap seorang pria yang diketahui sebagai penadah telepon seluler (HP) curian.

Pelaku diketahui bernama Budi Santoso (39), warga Desa/Kecamatan Dampit Kabupaten Malang. Ia ditangkap di rumahnya oleh polisi, Sabtu (24/12/2016).

“Pelaku ini seorang penadah HP curian. Dia bekerja sama dengan pelaku lain yang berperan sebagai pencuri HP yang saat ini masih buron,” ungkap Kapolsek Kanigoro AKP Purdiyanto, Minggu (25/12/2016).

Kasus pencurian itu terungkap setelah seorang warga Desa Kuningan, Kecamatan Kanigoro, bernama Zainal Abidin (39) melapor ke Polsek Kanigoro bahwa HP iPhone 7, laptop Acer, cincin berlian, dan uang Rp 30 juta miliknya hilang, Sabtu (24/12/2016).

Unit reskrim langsung melakukan penyelidikan di lapangan dan berhasil menemukan pelaku dan penadahnya. Diduga keduanya sering menjalankan aksinya di wilayah Blitar.

“Penadahnya berhasil kami tangkap. Sekarang diperiksa dan ditahan di Polres Blitar. Sedangkan pelaku yang berperan sebagai pencuri berhasil lari dan masih kami kejar,” ujar Purdiyanto.

Akibat perbuatannya, Budi Santoso dijerat Pasal 480 KUHP. Ancamannya hukuman empat tahun penjara. (*)