Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Wawali Kota Malang: Lansia Harus dapat Jaminan Layak

Penulis : Imam Syafii - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

22 - Nov - 2016, 15:45

Placeholder
Wakil Wali Kota Malang, Sutiaji (kiri) memberikan semangat hidup kepada lansia Kota Malang di Kantor Dinas Sosial Kota Malang (Foto: Imam Syafii/ MalangTIMES)

Pemerintah Kota Malang menerima kunjungan dari rombongan tim monitoring Program Lansia dari Provinsi Jawa Timur di Kantor Dinas Sosial Kota Malang, Selasa (22/11/2016).

Wakil Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji yang juga menjabat sebagai Ketua Komisi Daerah Lansia Kota Malang menyampaikan kedatangan Tim Komisi Daerah Provinsi Jawa Timur untuk monitoring program-program lansia di Kota Malang.

''Kedatangan mereka memberikan kritik dan catatan positif sebagai masukan untuk meningkatkan pemberdayaan Lansia di Kota Malang. Sehingga lansia di Kota Malang semakin berdaya guna,'' ungkapnya.

Menurut dia, Kota Malang telah memiliki Perda Nomor 13 Tahun 2015 tentang Lansia yang lahir dari masyarakat. Sehingga Pemkot Malang berharap para Lansia di Kota Malang mendapatkan jaminan untuk terus bisa beraktivitas.

''Kami gelorakan bagi teman-teman berusia lanjut adalah untuk tetap memiliki semangat agar dapat aktif beraktivitas; dan memiliki kesadaran untuk terus sehat serta mampu memanage pola pikirnya," ujar Sutiaji.

Dimana, lansia kehidupannya harus diisi dengan hal - hal yang bermanfaat dan sesuai dengan bidangnya.

Sementara itu, Ketua Komisi Daerah Lansia Provinsi Jawa Timur, Drs. Edy Purwinarto mengatakan kedatangannya beserta rombongan ke Kota Malang bertujuan untuk melakukan evaluasi dan meninjau langsung ke lokasi.

''Kami akan menangani program-program pemerintah yang pro akan lansia beserta data dan kelembagaannya,'' katanya.

Menurutnya, ada 5 kelompok peninjauan yang akan mengevaluasi program Lansia di Kota Malang diantaranya kelompok data dan kelembagaan; kelompok pelayanan keagamaaan, mental, spiritual dan kesehatan; kelompok pendidikan dan pelayanan lapangan kerja; pelayanan bantuan hukum dan akses kemudahan sarana prasarana; serta kelompok bantuan  sosial dan perlindungan sosial.

Kesemuanya itu, bertujuan agar segala upaya dalam meningkatkan pendayagunaan Lansia dapat tercapai. Serta turut aktif berperan membangun Kota Malang dan Provinsi Jawa Timur.


Topik

Peristiwa lansia wakil-walikota-malang sutiaji



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Imam Syafii

Editor

Sri Kurnia Mahiruni