Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Meski Cuaca Ekstrem, Dishub Janjikan Tetap Ada Kapal ke Bawean

Penulis : Hamzah - Editor : Redaksi

04 - May - 2016, 13:26

Placeholder
Express Bahari, salah satu kapal penumpang menuju Pulau Bawean. (Foto: istimewa)

Semakin dekatnya momen liburan sekolah, membuat beberapa instansi di Kabupaten Gresik berbenah. Salah satunya adalah, Dinas Perhubungan (Dishub) yang mulai melakukan langkah antisipasi. Jajaran Dishub Kabupaten Gresik memprediksi,

arus kunjungan ke Pulau Bawean begitu pula sebaliknya bakal meningkat tajam, pada libur panjang akhir pekan nanti. Untuk itu, Dishub Wtetap akan menyediakan sarana pelayaran ke Pulau Bawean, meski sedang dalam kondisi cuaca buruk atau ekstrem.

“Ada tiga kapal yang beroperasi melayani penyeberangan Gresik menuju Bawean dan sebaliknya. Yakni, Gili Lyang, Bahari Express, dan Natuna Ekspres. Namun jika cuaca ekstrem atau terjadi ombak besar, kami coba siapkan opsi lain,” ungkap Kepala Dishub Kabupaten Gresik Andhy Hendro Wijaya, Rabu (4/5/2016).

Sebagai langkah antisipasi menyiasati cuaca buruk yang mungkin akan terjadi, Dishub Kabupaten Gresik dan Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Gresik, bakal meminta bantuan kapal ke PT Darma Lautan Utama (DLU) atau ke Angkatan Laut yang ada di Kota Surabaya, agar bisa tetap melayani penyeberangan menuju Pulau Bawean.

“Namun kami tetap berharap, selama libur panjang nanti tidak terjadi cuaca buruk, sehingga kami bisa melayani penumpang menuju Bawean dengan armada sendiri yang ada di Pelabuhan Gresik,” terangnya.

Strategi lain yang bakal coba diterapkan bila terjadi cuaca ekstrem adalah, dengan berkoordinasi ke beberapa instansi terkait lain, agar kapal besar dari Surabaya yang akan menuju pulau lain bisa mampir dulu ke Pulau Bawean, untuk mengangkut penumpang tujuan pulau tersebut.

“Intinya, kami akan tetap berupaya, agar jangan sampai ada penumpang yang keleleran (baca; tidak terangkut). Sebab kasihan, bila saat libur panjang banyak orang yang hendak berlibur ke Pulau Bawean dan sebaliknya, tapi malah tidak terangkut karena cuaca,” beber Andhy.

Selain transportasi laut, akses menuju Pulau Bawean sebenarnya juga bisa dilakukan dengan angkutan udara dari Bandara Juanda yang ada di Surabaya. Hanya saja jumlahnya terbatas, dan belum bisa melayani semua penumpang. (*)


Topik

Peristiwa Dishub libur-panjang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Hamzah

Editor

Redaksi