Foto inilah yang dibangga-banggakan Obama saat berkunjung di Masjid Istiqlal. (foto: satuharapan)
Foto inilah yang dibangga-banggakan Obama saat berkunjung di Masjid Istiqlal. (foto: satuharapan)

Sosok Prof Dr KH Ali Mustafa Ya'qub cukup dikenal sebagai tokoh Indonesia di kalangan ulama dan pemerintah di Indonesia. Namun ketokohannya makin dikenal setelah almarhum menemani Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan istrinya Michelle Obama di Masjid Istiqlal pada 2011 lalu.

Kala itu Obama dan istrinya berkunjung ke Indonesia. Salah satu destinasi kunjungan Obama adalah Masjid Istiqlal. Saat menginjak pelataran halaman dalam Masjid Istiqlal Obama dan  istri ditemani KH Ali Mustafa Ya'qub.

Mereka berjalan-jalan di pelataran masjid. Pada suatu momen, ratusan kamera wartawan dalam dan lur negeri menabadikan momen istimewa tersebut. Saat itu KH Ali Mustafa diapit Obama di sisi kanan dan Michelle Obama sisi kiri.

Momen foto itu jadi perbincangan hangat di seluruh dunia. Media-media besar dunia memberitakan momen tersebut. Seperti USA Today, Newyork Times, dan media lainnya.

Bahkan, foto itu membuat bangga Barack Obama. Hal itu disampaikan Obama dalam jamuan buka puasa bersama dengan para stafnya hari Selasa, 23 Juni 2015, di Gedung Putih. Dalam acara tersebut, salah satu hal yang dibanggakan Obama adalah fotonya dan ibu negara Michelle Obama saat bersama Imam Besar Masjid Istiqlal, KH Ali Mustafa Yaqub, di Jakarta.

Hal itu disampaikan oleh Duta Besar AS untuk Indonesia, Robert Blake. "Presiden Obama tadi malam baru saja melaksanakan ifthar di Gedung Putih. Salah satu yang beliau banggakan adalah foto-foto beliau bersama Ibu Negara saat mengunjungi Istiqlal di Jakarta," kata Blake seperti dilansir beritasatu.

KH Ali Mustafa Ya'qub pernah sendiri mengungkapkan bahwa kunjungan 25 menit Barrack Obama ke Masjid Istiqlal,  Jakarta menyisahkan kenangan manis pada dirinya.

"Pertama kali Obama langsung mengucapkan assalamualaikum. Lalu saya menjawab "waalaikum salam dan selamat datang di tanah air anda yang kedua," kenang dia saat itu.

Kini imam besar Masjid Istiqlal itu telah wafat. Kiai kharismatik ahli hadits ini menghembuskan nafas terakhirnya di RS Hermina, Ciputat, Jakarta, sekitar pukul 06.00 (28/4/2016).  (*)