Mahathir Muhammad yang mendapat nomor urut 1 di pemilihan Ketua PKC PMII Jawa Timur.(Foto Istimewa)
Mahathir Muhammad yang mendapat nomor urut 1 di pemilihan Ketua PKC PMII Jawa Timur.(Foto Istimewa)

Mahathir Muhammad, aktifis PMII Blitar yang saat ini mencalonkan diri sebagai Ketua PKC PMII Jawa Timur merupakan salah satu tokoh aktifis di Blitar Raya. Ia akan menjadi salah satu calon terkuat yang akan mewarnai proses demokrasi dalam momen Konkoorcab XXII PMII Jawa Timur yang akan diselenggarakan di Ponorogo mulai tanggal 27 sampai 29 April 2016.

Lahir dari keluarga NU sederhana di Banyuwangi 1 Juni 1990 anak kedua dari pasangan Bapak Jumat dan Ibu Suhairiyah. Menyelesaikan pendidikan formal di SDN Kalibaruwetan 4 (2002), SMPN 1 Kalibaru (2005) SMKN 1 Glagah (2008) Progran Sarjana (S1) Managemen STIE Kesuna Negara Blitar (2014) dan pernah kuliah di STF Al Faraby Kepanjen Malang

Pria sederhana yang akrab dipanggil Mahathir ini adalah aktifis NU yang aktif dalam berbagai organisasi mulai dari Ketua II PC PMII Blitar, Ketua Umum PC PMII Blitar, PB PMII, HIPSI Blitar, LPM Segoro, Direktur Patria Institute dan beberapa organisasi lainnya.

 Mahathir juga aktif dalam beberapa kegiatan organisasi pemberdayaan ekonomi buruh migran Segoro (Semangat Gotong Royong) dan Desa UKM yang di komandani oleh Abdul Aziz dan Galih Ahmad.

Ia juga aktif dalam berbagai ruang kajian dan diskusi yang diadakan oleh para aktifis di Blitar. Ia juga pernah mengabdikan diri di dalam kepengurusan PB PMII periode 2014-2016. Ia juga dikenal sebagai aktifis yang plural dan mudah berbaur dengan semua golongan.

Pria berumur 26 tahun ini juga sosok yang hobi menulis. Terbukti dari adanya beberapa tulisan yang dimuat di media cetak maupun media online beberapa tulisan diantaranya Boikot Pajak Kapitalis Untung Rakyat Buntung, Kembalikan Demokrasi Ke Jalan Yang Benar, Malaysia Ajarkan Pentingnya Identitas Budaya, Maulid Nabi dan Spirit Transformasi Sosial, dan beberapa tulisan lainnya.

Beberapa hari ke depan dia akan bertarung menjadi Ketua PMII Jawa Timur yang diselenggarakan di Ponorogo 27-29 April 2016.(*)