Ilustrasi (Foto : net)
Ilustrasi (Foto : net)

Kekurangan dokter dan fasilitas kesehatan di sejumlah kepulauan di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, masih belum teratasi. Salah satunya, di pulau Pulau/Kecamatan Raas, tenaga dokternya di Puskesmas setempat sangat terbatas.

Salah satu warga Desa Brakas, Kecamatan Raas, Agus Salim menceritakan, tenaga medis di Puskesmas Raas hanya ada 2 orang. Dua tenaga medis, 1 orang dokter gigi berstatus PNS, dan 1 dokter umum berstatus tenaga kontrak.

”Kami berharap pelayanan kesehatan di kepulauan diperhatikan. Setidaknya minimal ada 2 dokter umum yang berstatus PNS. Jika salah satunya dinas ke luar Raas, masih ada 1 dokter yang standby di Puskesmas,” ujar Agus Salim, Rabu (27/4/2016).

Menurutnya, keberadaan dokter sangat penting untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat di Pulau Raas. Selama ini, ketika dokternya ada kepentingan dinas ke Sumenep, maka Puskesmas kosong tidak ada dokternya.

”Kalau sudah tidak ada dokternya, maka pasien di Puskesmas hanya ditangani perawat,” keluhnya kepada wartawan di Sumenep.

Dijelaskan, Kecamatan Raas ini terdiri dari 9 desa yang cukup luas. Namun, dari 9 desa, terdapat dua desa berada di pulau terpisah, yakni Pulau Tonduk, dan Pulau Gowa-gowa. Seharusnya, lanjutnya, bukan hanya satu dokter, tapi minimal dua dokter berstatus PNS. (*)