Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Pemkab Gresik Bakal Mulai Operasikan Bus Sekolah

Penulis : Hamzah - Editor : Redaksi

09 - Apr - 2016, 19:13

Placeholder
Bus sekolah yang bakal diuji coba Pemkab Gresik, Senin (11/4/2016) mendatang. (Foto: Hamzah/ GresikTIMES)

Pemkab Gresik berencana mulai mengoperasikan bus sekolah, pada Senin (11/4/2016) mendatang. Sebanyak lima unit bus, dijadwalkan akan mulai beroperasi dalam tahap uji coba yang bakal berlangsung selama satu minggu.

Untuk tahap pertama uji coba, Pemkab Gresik bakal mengoperasikan tiga bus sekolah untuk wilayah Gresik Selatan, dan dua bus di kawasan utara.

"Pengoperasian uji coba bus sekolah, langsung ditangani oleh Dinas Pendidikan Gresik. Dengan rute yang akan dilalui, sesuai dengan yang disepakati dulu. Ada titik-titik penjemputan para siswa menuju sekolah, dan begitu sebaliknya," ujar Kepala Bagian Humas Pemkab Gresik Suyono, Sabtu (9/4/2016).

Untuk rute bus sekolah di wilayah Gresik Selatan adalah, Legundi (SDN 3 Krikilan) – Krikilan (SDN 1 Krikilan) – Sembung (SDN 1 Driyorejo) – Sumput (SMK YPM 5) – Driyorejo (SDN 1 Driyorejo) – Cangkir (Puskesmas Driyorejo/Polsek Driyorejo) – SMP Negeri 1 Driyorejo – Kantor Desa Temaru – SMKN 1 Driyorejo.

Sementara untuk rute bus sekolah di wilayah Gresik Utara, dimulai dari Lowayu/Sumurber – Mentaras Petung/Ima'an – Sambogunung/Sukorejo – Pertigaan Lasem – Kertosono (Pilang) – Beruagung – Golokan – Alun-alun Sidayu – SMAN 1 Sidayu.

"Selama uji coba berlangsung nantinya, pengoperasian bus sekolah akan terus dievaluasi sehingga saat diresmikan, sudah benar-benar layak dalam semua hal untuk memberi fasilitas bagi para siswa yang ada di Gresik. Dan ini sifatnya gratis," lanjutnya.

Setelah rute wilayah Gresik Selatan dan Utara beroperasi, sasaran berikutnya akan dilanjutkan untuk pengoperasian bus sekolah jalur tengah. Di mana untuk menunjang rencana ini, Pemkab Gresik berencana bakal menambah dua armada.

“Untuk rute kawasan tengah belum bisa dioperasikan saat ini, karena masih ada beberapa kendala. Salah satunya adalah, masih terjadi pro-kontra dalam pengoperasian bus sekolah untuk wilayah tengah kota,” pungkasnya.

Untuk rute bus sekolah di tengah kota nantinya, akan dibagi menjadi dua rute. Yakni rute pertama dari Terminal Segoromadu (PT Barata) – Jalan Veteran – Panglima Sudirman – Jaksa Agung Suprapto – Usman Sadar – Gubernur Suryo – Roomo – Pertigaan Tenger – Manyar Tugu – Sembayat.

Sementara rute kedua, melalui Terminal Bunder – Jalan Dr Wahidin – Dr Soetomo – Jaksa Agung Suprapto – Pahlawan – Raden Santri – Basuki Rahmat – KH Kholil – Sindujoyo – Terminal Gubernur Suryo.(*)


Topik

Pendidikan Bus-Sekolah Dinas-Pendidikan-Gresik



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Hamzah

Editor

Redaksi