Gambar puting beliung saat melintasi Kecamatan Manyar, Gresik, Rabu (6/4/2016).(Foto: Hamzah/GresikTIMES)
Gambar puting beliung saat melintasi Kecamatan Manyar, Gresik, Rabu (6/4/2016).(Foto: Hamzah/GresikTIMES)

Liukan angin puting beliung yang hampir menyentuh tanah, sempat terlihat warga di beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Gresik, pada Rabu (6/4/2016) siang sampai sore.

Fenomena tersebut, terlihat di kecamatan yang ada di Kabupaten Gresik, khususnya yang berada di area kawasan pesisir laut utara Jawa. Seperti di Kecamatan Manyar, Bungah, Sidayu, dan juga Ujungpangkah.

“Puting beliung tadi berlangsung sekitar 10 menit-an. Beruntung masih berada di langit dan belum sampai ke bumi,” ungkap salah seorang karyawan pabrik yang berada di Kecamatan Manyar Sono, Rabu (6/4/2016).

Menurut pengakuan warga yang melihat, fenomena tersebut dibarengi dengan perubahan kondisi cuaca yang cukup drastis.

Dari yang semula terik matahari, kemudian tiba-tiba mendung dan mendadak disertai dengan hembusan angin kencang.

Kondisi yang kontan membuat warga baik di Kecamatan Manyar, Bungah, Sidayu, maupun Ujungpangkah, merasa penasaran untuk melihat fenomena yang jarang dijumpainya tersebut. Meskipun sempat ada rasa kekhawatiran yang mendekap.

“Saat itu, kondisi memang tiba-tiba mendung dengan disertai angin kencang. Tak lama kemudian, barulah terlihat puting beliung itu, meski tidak lama,” tutur salah satu pengguna jalan yang melintas di Jalan Raya Manyar menuju Bungah, Ridwan.

Terkait hal ini, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gresik Abu Hasan menyatakan, pihaknya telah melakukan pengecekan di lapangan, dan tidak menemukan dampak kerugian akibat fenomena puting beliung tersebut.

“Dari informasi rekan-rekan di wilayah yang dilalui puting beliung tadi, Alhamdulillah belum ada dampak merugikan. Karena memang, fenomena terjadi di atas langit dan masih jauh dengan permukaan bumi,” terang Abu Hasan.

Setali tiga uang, Humas Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Gresik Nanang Afandi mengatakan, fenomena puting beliung yang sempat terlihat di kawasan pesisir laut utara Jawa tersebut, tidak sampai mempengaruhi jadwal pelayaran yang ada di lingkupnya.

“Hanya dari rilis BMKG Tanjung Perak sempat mengabarkan, jika kondisi angin di Samudera Hindia bakal kencang hari ini. Tapi itu sekedar di Samudera Hindia, sementara laut Jawa bagus,” jelas Nanang.(*)