alah satu stand bergaya warung Djaman Doeloe di Bazar Blitar Djadoel.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)
alah satu stand bergaya warung Djaman Doeloe di Bazar Blitar Djadoel.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Blitar ke 110 di tahun 2016 ini semakin meriah. untuk membuat suasana HUT semakin semarak, Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar kembali menggelar Bazar Blitar Djaman Doeloe (Blitar Djadoel) ke-VI. Agenda ini dilaksanakan mulai Rabu (6/4/2016) sampai dengan Minggu (10/4/2016).

Pelaksanaan Bazar Blitar Djadoel ini mengambil tempat sama seperti tahun kemarin yaitu di dalam Alun-Alun Kota Blitar. Acara tahunan yang sangat dinantikan di Kota Blitar ini dibuka Pukul 16.00 WIB oleh Wali Kota Blitar Muhammad Samanhudi Anwar.

"Agenda ini juga sebagai media untuk menumbuhkembangkan semangat cinta budaya asli indonesia, mempertahankan nilai positif tradisi dan budaya bangsa, sekaligus memperkuat karakter dan jati diri warga Kota Blitar," terang Muhammad Samanhudi Anwar dalam sambutanya, Rabu (6/4/2016).

Selain itu menurut wali kota, agenda ini digelar dalam rangka menerapkan semboyan rukun agawe santoso, sebagai media promosi potensi Kota Blitar sekaligus memberikan hiburan kepada masyarakat.

“Tahun ini Bazar Blitar Djadoel dilaksanakan di alun-alun, mengingat pada sekitar tahun 90-an Kota Blitar memiliki pasar murah yang dikenal dengan istilah PPAP (Pameran Pembangunan dan Arena Promosi) yang tempatnya juga di alun-alun Kota Blitar,” terang Samanhudi.

Untuk peserta dan pengisi stand, diikuti semua SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Blitar, BUMN, BUMD, ORMAS, organisasi perempuan, perbankan, pengrajin, seniman dan pengusaha.

Jumlah stand kurang lebih 138 yang akan memamerkan makanan olahan tradisional, kesenian tradisional djaman doeloe, benda-benda djaman doeloe, handycraft, foto-foto djaman doeloe dan kampoeng dolanan.

"Untuk semua stand-stand yang mengikuti Bazar Djadoel ini juga akan dilombakan dan dinilai oleh tim juri. Selain dari dalam Kota, kami juga menyediakan 38 stand untuk Kabupaten/Kota se-Jawa Timur," ujarnya.(*)