Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa Program 100 Hari Bupati Malang

Irigasi Sprinkle Pertama di Indonesia Diterapkan di Malang

Penulis : Ferry Agusta Satrio - Editor : Redaksi

31 - Mar - 2016, 18:50

Placeholder
Kepala Dinas Pengairan, Wahyu Hidayat, saat launching irigasi sprinkle di Desa Poncokusumo, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, Kamis (31/3/2016). (Foto: Ferry/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Kabupaten Malang berbangga dengan penerapan irigasi sprinkle yang hemat air dengan memanfaatkan gravitasi bumi. Sistem irigasi ini baru pertama kali diterapkan di Indonesia, dan Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang menjadi 'pilot project'.

Bupati Malang, Rendra Kresna mengatakan, irigasi sprinkle dimanfaatkan untuk pengairan lahan pertanian. Irigasi yang memanfaatkan gaya gravitasi bumi ini dinilai efisien dan hemat air.

BACA JUGA: Bupati Malang Genjot Kawasan Agropolitan Poncokusumo

"‎Irigasi sprinkle ini pertama kali diterapkan di Indonesia. Hemat air dan mempermudah petani mengairi lahannya,” ujarnya kepada awak media, Kamis (31/3/2016) di Poncokusumo.

Pada lahan seluas 1 hektare, lanjutnya, dibutuhkan 60 sprinkle untuk mengairinya. Itu dapat ditekan dengan 20 sprinkle, namun memerlukan tenaga tambahan untuk memindahkan alat tersebut ke lahan yang akan dialiri air.

Kendati demikian, pada awalnya membutuhkan biaya relatif besar untuk kebutuhan sprinkle. Namun, akan efisien dan bermanfaat pada kelanjutannya. ‎‎

Rendra berharap, lahan pertanian di wilayah Kabupaten Malang dapat bermanfaat lebih besar lagi dengan pemanfaatan irigasi sprinkle. "Harapannya, dapat meningkatkan penghasilan masyarakat petani, apalagi sprinkle hemat air, jadi bagus untuk kedepannya," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pengairan, Wahyu Hidayat menyampaikan, awal ujicoba sprinkle sempat direspons pesimis oleh para petani. Namun, setelah melihat efisiensi, masyarakat menyambut positif.

BACA JUGA: Kabupaten Malang Kembangkan Kawasan "Ponco Wismo Jatu"

Setelah melalui masa ujicoba selam tiga bulan pada tahun 2015, dan hasilnya sesuai harapan yaitu efisien, maka pada tahun ini Pemkab Malang meluncurkan secara resmi.‎

"Sudah banyak lembaga yang datang untuk studi banding ke sini, seperti ITB, IPB, Usaid. Kedepan, kita akan kembangkan di daerah lainnya juga," ujarnya.

Disampaikannya, irigasi sprinkle menjadikan sistem pengairan ke lahan menjadi lebih efisien. Air dapat diambil dari jarak yang jauh dengan dibuatkan penampungan atau reservoir. (*)


Topik

Peristiwa Program-100-Hari-Bupati-Malang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ferry Agusta Satrio

Editor

Redaksi