Kepala Disbudpar Kota Malang Ida Ayu Made Wahyuni, (Foto: TIMESindonesia)
Kepala Disbudpar Kota Malang Ida Ayu Made Wahyuni, (Foto: TIMESindonesia)

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang menganggap kualitas Dewan Kesenian Malang dalam menampilkan pertunjukan seni kurang berkualitas.

Kepala Disbudpar Kota Malang Ida Ayu Made Wahyuni mengatakan, tahun lalu pihaknya pernah meminta DKM untuk mempertunjukkan pentas seni di Malang Night Market. Namun ia merasa penampilan mereka kurang maksimal dan kejadian tersebut sering terjadi. Oleh sebab itu Disbudpar lebih meminta penyelenggara acara dari sanggar lain binaan Disbudpar.

"Kalau kita minta DKM tampil sewaktu-waktu, mereka tetap tampil tapi kurang memuaskan, kita kan juga malu pada masyarakat," ujarnya, Minggu (28/2/2016).

Menurut Ida, DKM musti mengubah sistem manajemen jika ingin digandeng tiap program Disbudpar. Saat ini, Ida menganggap struktur organisasi DKM belum terbentuk dengan baik. Sebagian besar pengurus di dalam struktur organisasi DKM bukan orang yang khusus berfokus di bidang kesenian.

"Mereka lebih banyak berkiprah di bidang luar kesenian," tambahnya.

Sebelumnya, Ida pernah mengusulkan untuk memasukkan orang-orang yang berkompeten di bidang kesenian ke dalam struktur organisasi DKM, namun sampai sekarang belum terealisasi. (*)