Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Pemkab Bondowoso Gagas Pembangunan Rumah Informasi Megalitikum

Penulis : Ika Kalia - Editor : Redaksi

27 - Feb - 2016, 10:30

Placeholder
Salah satu peninggalan megalitikum yakni Batu Kala Megra (puncak tertinggi dalam suatu bangunan) yang terletak di Desa Taal, Kecamatan Tapen, Bondowoso. (Foto: Tim Ahli Cagar Budaya/BondowosoTIMES)

Pemerintah Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, tengah menggagas pembangunan rumah informasi cagar budaya. Rumah informasi ini nantinya akan menampung beragam informasi tentang situs megalitikum yang tersebar di seluruh Bondowoso. 

Arkeolog Dinas Pariwisata Bondowoso, Hery Kusdaryanto mengatakan selama ini wisatawan yang datang ke Bondowoso untuk menikmati wisata sejarah memang kesulitan mengakses informasi yang akurat tentang keberadaan benda cagar budaya.

"Jadi pembangunan rumah informasi ini juga untuk memudahkan wisatawan yang datang untuk belajar tentang sejarah megalitikum," ujar Hery Kusdaryanto, Sabtu (27/2/2016).

Seperti diketahui, Kabupaten Bondowoso merupakan salah satu Kabupaten dengan sebaran situs megalitikum terbanyak di Jawa Timur. Saat ini tercatat ada 1.123 benda cagar budaya yang terdaftar di  Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan, Mojokerto. 

Angka tersebut belum termasuk benda-benda cagar budaya yang masih dalam proses penelitian dan penggalian terbaru. Diperkirakan, jumlah benda cagar budaya yang belum ditemukan masih lebih banyak. 

Beberapa peninggalan benda megalitikum di Bondowoso diantaranya sarkopagus, kubur batu, pandusa, kubur peti batu, dolmen, batu kenong, lesung batu, dakon dan menhir. Ribuan benda cagar budaya tersebut tersebar hampir di seluruh kecamatan di Bondowoso. (*)


Topik

Peristiwa Dinas-Pariwisata-Bondowoso Rumah-Informasi-Megalitikum



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ika Kalia

Editor

Redaksi