Ilustrasi
Ilustrasi

Dinas Pendidikan kota Surabaya mengeluarkan surat edaran yang berisi antisipasi terhadap perayaan Valentine Day. Surat edaran yang ditandatangani Kepala Dinas Pendidikan kota Surabaya, Iksan ini ditujukan kepada seluruh sekolah, mulai dari SD, SMP, SMA dan SMK sederajat.

Surat bernomor 420/0717/436.6.4/2016 ini memuat tiga poin. Diantaranya sekolah melakukan langkah antisipasi terkait perayaan Valentine Day yang tidak sesuai dengan kultur dan budaya Indonesia.

Meminta pihak sekolah untuk memberikan surat edaran kepada orang tua terkait perayaan Valentine Day.

Surat edaran itu juga berisi himbauan kepada orang tua agar memberikan pengawasan kepada putra-putrinya agar tidak melakukan hal-hal yang dapat merugikan diri mereka sendiri dan masa depannya.

Pihak sekolah juga diminta untuk memberikan pengertian kepada seluruh siswa terkait dengan makna kasih sayang. Dalam surat edaran itu, disebutkan jika kasih sayang akan lebih bermakna bila diberikan kepada orang tua dan guru.

Surat edaran dari Dinas Pendidikan kota Surabaya ini adalah yang kedua kalinya, setelah tahun lalu juga memberikan surat yang sama terkait Valentine Day.

Bedanya, di surat edaran tahun lalu, berisi tentang larangan perayaan Valentine Day, sedangkan di tahun ini lebih bersifat himbauan kepada sekolah. (*)