Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Tokoh Muda Harus Diberi Peluang Maju di Pilgub Jatim

Penulis : Adi Suprayitno - Editor : Redaksi

05 - Feb - 2016, 17:27

Placeholder
Ketua FomDem, Rusman Hadi (Foto: parlemenjatim)

Forum Muda Demokrasi (FomDem) mendorong kepada partai politik yang memiliki kursi di parlemen agar memberi kesempatan tokoh muda potensial Jawa Timur agar maju sebagai calon wakil gubernur pada Pilgub 2018.

Ketua FomDem, Rusman Hadi mengatakan, meski pelaksanaan Pilgub kurang 2,5 tahun lagi, saat ini sudah banyak muncul nama-nama yang bakal maju dalam pertarungan 2018 mendatang.

Mereka di antaranya, Abdul Halim Iskandar (Pak Halim), Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Hasan Aminuddin dan Khofifah Indar Parawansah. Sementara DPW PKS Jatim merekomendasi figur mantan Kapolda Jatim dan mantan Pangdam Brawijaya.

Nama-nama di atas selama ini sebagai politisi kawakan yang memiliki pengaruh luas di Jawa Timur. Dari segi usia mereka juga tergolong sudah tidak muda lagi.

Karena itu perlu ada tokoh muda yang maju demi proses regenerasi kepemimpinan di Jawa Timur. Maka, Rusman berharap ada transformasi politik dari tokoh tua ke tokoh muda. Caranya, dengan menggandeng tokoh muda untuk menjadi calon Wakil Gubernur, sehingga ada estafet politik 5 tahun ke depan.

“Realistis saja, untuk pilgub 2018, anak muda levelnya masih Wagub. Namun 5 tahun ke depan harus naik level menjadi Gubernur. Kalau tidak ada regenerasi, 5 tahun ke depan Jawa Timur akan dipimpin orang sepuh dan sulit bersaing dengan provinsi lain,” ujar Rusman, ketika dihubungi, Jum’at (5/2/2016).

Aktivis muda NU ini menambahkan, FomDem menyodorkan 14 nama tokoh muda Jawa Timur yang layak direkomendasi sebagai calon Wakil Gubernur pada Pilgub 2018.

Nama-nama itu didapat berdasarkan penjaringan yang dilakukan jaringan FomDem yang ada di 38 kabupaten/kota di Jatim. Mereka punya rekam jejak yang baik dan berusia di bawah 45 tahun.

“Kami yang merupakan wadah aspirasi anak muda mengambil inisiatif menjaring tokoh muda potensial yang layak menjadi Cawagub.

Hasilnya diperoleh 14 nama yang nantinya akan kami serahkan kepada partai-partai politik di Jatim. Terserah bagaimana partai meresponnya, yang terpenting kami telah berikhtiar dalam proses demokrasi di Jatim,” pungkas Rusman. (*)

Adapun 14 Tokoh Jawa Timur versi FomDem tersebut adalah :

1.      Imam Nahrawi, Menpora, Politisi PKB (42 Tahun)

2.      Abdullah Azwar Anas, Bupati Banyuwangi (42 tahun),

3.      Baddrut Tamam, DPRD Jatim, Ketua Fraksi PKB (38 tahun)

4.      Irwan Setiawan, DPRD Jatim, Sekretaris Fraksi PKS (40 tahun) 

5.      Abdul Halim, DPRD Jatim, Ketua Fraksi Gerindra (36 tahun)

6.      Arzeti Bilbina, DPR RI, Fraksi PKB  (39 tahun)

7.      Emil Dardak, Bupati Trenggalek, Tokoh Muda NU (31 tahun) 

8.      Azrul Ananda, Profesional, Praktisi Media  (38 tahun)

9.      Ahmad Rofiq, Sekjen Partai Perindo (42 tahun)

10.  Mahdi DPRD Jatim Fraksi PPP (42 tahun)

11.  Eko Patrio DPR RI Fraksi PAN  (45 tahun)

12.  Nizar Zahro DPR RI Fraksi Gerindra (41 tahun)

13.  Moh. Hosni, M.Ked, Dosen, Pengusaha Muda  (33 tahun)

14.  Muhammad Fawait, DPRD Jatim, Fraksi Gerindra (26 tahun)


Topik

Peristiwa Pilgub-Jatim-2018 Ketua-FomDem Rusman-Hadi



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Adi Suprayitno

Editor

Redaksi