Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa Perayaan Imlek

Warga Tionghoa di Pasuruan Bersih-bersih Patung Dewa

Penulis : Andi Hartik - Editor : Redaksi

04 - Feb - 2016, 11:50

Placeholder
Sejumlah warga Tionghoa saat membersihkan patung dewa di Vihara Tjoe Tik Kiong, Kota Pasuruan, Kamis (4/2/2016). (foto: Andi Hartik/pasuruantimes)

Sejumlah warga Tionghoa di Pasuruan membersihkan Vihara Tjoe Tik Kiong yang ada di Kota Pasuruan, Kamis (4/2/2016). Ritual membersihkan vihara itu dilakukan dalam rangka menyambut tahun baru Imlek 2567.

Pantauan di lokasi, seluruh isi vihara dibersihkan. Termasuk patung dewa-dewi yang ada di dalam vihara tersebut.

Rohaniawan Agama Konghucu, Yudi Darma Santoso mengatakan, ritual membersihkan patung para dewa itu dilakukan untuk mengantarkan para dewa dan dewi ke kayangan. 

"Saat ritual malaikat yang berdiam di dalam patung itu sedang naik ke langit. Sehingga, bisa suci saat menyambut tahun baru," katanya.

Usai di bersihkan, patung-patung itu dimandikan dengan kembang tujuh rupa, lalu dikembalikan ke tempat semula. Disana, patung tersebut dikasih jubah. (*)


Topik

Peristiwa Perayaan-Imlek Vihara-Tjoe-Tik-Kiong



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Andi Hartik

Editor

Redaksi