Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa Perayaan Imlek

Klenteng Hoo Tong Bio Sambut Imlek dengan Sederhana

Penulis : Syamsul Arifin - Editor : Redaksi

03 - Feb - 2016, 11:49

Placeholder
Klenteng Hoo Tong Bio, di Kelurahan Karangrejo, Kecamatan Banyuwangi kota masih dalam proses perbaikan, Rabu (3/2/2016). (foto: syamsul arifin/banyuwangitimes)

Berbeda dengan klenteng - klenteng lainya, salah satu klenteng tertua di Indonesia, Hoo Tong Bio, menyambut datangnya perayaan imlek dengan sederhana. Klenteng berusia 200 an tahun tersebut hingga kini masih dalam proses pembangunan, setelah terbakar pada dua tahun silam.

Ya, suasana klenteng Hoo Tong Bio, di Kelurahan Karangrejo, Kecamatan Banyuwangi kota, menjelang tahun perayaan Imlek atau tahun baru China memang terlihat biasa. Tak ada persiapan khusus seperti klenteng-klenteng pada umumnya.

Dua tahun paska kebakaran, Klenteng yang berdiri sejak masa kerajaan Blambangan ini masih dalam proses pembangunan. Sejumlah bangunan utama seperti aula nampak sudah usai.

Namun ornamen pahatan dinding, patung Dewa dan Shio masih dalam pengerjaan. Sedang interior, lantai dan instalasi listrik belum tergarap.

Indrayana Saryono, salah satu sesepuh Klenteng Hoo Tong Bio mengatakan, perayaan Imlek akan tetap dilangsungkan meski dalam keadaan sederhana. Dimana tanpa pernak-pernik lampion serta keindahan cahaya dari lilin besar yang berwarna-warni.

“Sekarang ini saya masih ragu, lokasi mana yang akan digunakan untuk sembahyang. Karena tak ada meja khusus, lampu-lampu juga tak ada, yang penting kami tetap laksanakan agar orang yang kena shong atau sial tahun ini bisa selamat,” ucapnya, Rabu (3/2/2016).

Klenteng yang didirikan warga Tionghoa pada tahun 1784 ini terbakar pada Juni 2014 silam. Hampir seluruh bangunan utama hangus dilalap api. Termasuk patung serta ornamen peninggalan masa lampau.

Pembangunan dimulai sejak November 2014 dengan tetap mempertahankan bentuk arsitektur lama di lahan seluas seribu meter persegi lebih. Kini proses pembangunan sudah mencapai 50 persen dari perencanaaan. (*)


Topik

Peristiwa Perayaan-Imlek Klenteng-Hoo-Tong-Bio



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Syamsul Arifin

Editor

Redaksi