Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Siaga Darurat Banjir, BPBD Optimalkan Fungsi Destana

Penulis : Ika Kalia - Editor : Redaksi

01 - Feb - 2016, 14:55

Placeholder
BPBD dibantu TNI dan Polri memasang rambu arah jalur evakuasi bagi warga Desa Sumber Wringin saat Gunung Raung Siaga, Juli 2015 lalu. (Foto: Ika Kalia/bondowosotimes

Status siaga darurat banjir, longsor dan puting beliung yang ditetapkan Pemerintah Kabupaten Bondowoso, memaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengoptimalkan fungsi Desa Tangguh Bencana (Destana). 

Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Bencana BPBD Bondowoso, Saifudin Zuhri mengatakan, pihaknya sudah membuka posko siaga bencana di setiap desa.

Di posko ini, warga desa yang sebelumnya sudah dilatih dan diberi pemahaman soal kebencanaan disiagakan. 

"Karena status siaga darurat, kita optimalkan fungsi Desa Tanggap Bencana. Sebelumnya warga sudah kita latih soal kebencanaan sehingga akan tanggap saat terjadi bencana," kata Saifudin Zuhri, Senin (1/2/2016). 

Zuhri mengatakan, saat ini disetiap desa sudah dibentuk tim siaga bencana yang akan membantu BPBD menangani bencana dengan cepat saat terjadi.

Tidak hanya itu, warga yang tergabung dalam Desa Tanggap Bencana ini juga punya tugas memberikan pemahaman bencana kepada warga desa lainnya. (*)


Topik

Peristiwa BPBD Siaga-banjir



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ika Kalia

Editor

Redaksi