Puluhan anggota Gerbang saat menggelar audiendi dengan BK di ruang komisi A DPRD Bangkalan, Senin (11/1/2016).(foto:doni heriyanto/bangkalantimes)
Puluhan anggota Gerbang saat menggelar audiendi dengan BK di ruang komisi A DPRD Bangkalan, Senin (11/1/2016).(foto:doni heriyanto/bangkalantimes)

Gerakan Rakyat Bangkalan (Gerbang) menuding Badan Kehormatan (BK) DPRD Bangkalan, membuka aib anggota dewan. Tudingan ini, menyikapi rapor merah anggota legistlatif yang dirilis BK saat rapat evaluasi.

"Membeberkan rapor merah absensi wakil rakyat oleh BK DPRD, sama dengan membuka aib sendiri juga ibarat jeruk makan jeruk," ujar anggota Gerbang, Amin saat audensi dengan ketua dan anggota BK diruang Komisi A DPRD Bangkalan, Senin, (11/01/2016).

Menurut Amin, mencuatnya berita tentang rapor merah anggota yang tidak hadir dalam beberapa rapat paripurna tersebut, sifatnya sangat tendensius dan berbau politik.

"Kalau BK ingin memperbaiki tingkat kehadiran wakil rakyat, lakukan pendekatan dan jangan langsung dipublikasi melalui media," jelas Amin.

Sementara itu Ketua BK DPRD Bangkalan, Rokib menyatakan rapat yang dilakukan untuk membahas anggota yang sering mangkir setiap agenda rapat itu, agar anggota legislatif lebih tertib menghadiri rapat-rapat penting. Seperti, sidang komisi, fraksi dan paripurna.

"Kami tidak pernah menggelar jumpa pers ketika membahas anggota yang mendapat rapor merah. Tapi kebetulan rapat itu sifatnya terbuka dan dihadiri awak media," ujar politis PDIP ini.

Evaluasi absensi yag dilakukan BK kata Rokib, diharapkan agar ditahun 2016 ini, para anggota dewan lebih rajin lagi menghadiri sidang -sidang yang digelar.

"Sehingga tidak sampai mengganggu agenda yang telah ditata sebelumnya," tandas Rokib.(*)