Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Warga Sumenep Masih Kesulitan Air Bersih

Penulis : Busri Toha - Editor : Redaksi

09 - Jan - 2016, 08:32

Placeholder
SULIT AIR - Warga pulau Kangayan Sumenep, masih kesulitan air bersih meskipun sudah musim hujan. (Foto:busri toha/maduratimes)

Sejumlah warga di Desa Cukong-Cukong, Kecamatan Kangayan, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur mengeluh. Alasannya, mereka kesulitan untuk mendapatkan air bersih untuk segala  kebutuhan rumah tangga, meskipun sudah musim hujan tiba sebulan.

”Kami benar-benar kesulitan untuk mendapatkan air bersih. Bayangkan, untuk minum atau mencuci saja, kami harus jalan 2-3 kilo meter dengan kondisi jalan penuh tanjakan tajam,” ujar Hasanullah, salah satu warga setempat, Sabtu (9/1/2016). 
 
Menurutnya, sebenarnya sumber mata air berada di Dusun Cukong-Cukong bawah. Sedangkan di Dusun Cukong-Cukong Atas, tidak ada sumber air. Jaraknya 2-3 km, sehingga, warga di Dusun Cukong-Cukong Atas harus menimba air ke Dusun Cukong-Cukong Bawah.

”Kami tidak memiliki cara lain selain dengan cara diangkut. Sebenarnya, dulu pernah ada rencana bantuan mesin dari salah satu Caleg. Namun tidak terpilih, sehingga mesin itu tak kunjung ada," imbuhnya.

Agar lebih mudah untuk mendapatkan air bersih, para orang tua memanfaatkan anak-anaknya yang sudah cukup umur. Sejumlah anak, seusai sekolah atau ibu-ibu rumah tangga mengangkutnya dengan berjalan kaki atau menggunakan kendaraan roda dua. Masing-masing dari mereka mengangkut air dengan menggunakan botol kecil dan jeriken.

”Kami berharap mendapatkan bantuan berupa pompa air bersih dari pemerintah daerah, agar warga tidak selalu kesulitan untuk mendapatkan air minum. Sebab, air adalah kebutuhan pokok yang selalu kami butuhkan,” harapnya. (*)


Topik

Peristiwa kesulitan-air kekeringan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Busri Toha

Editor

Redaksi