Komisioner KPU Lamongan Divisi Sosialisasi, Fatkhur Rohman (foto : Ardiyanto/lamongantimes)
Komisioner KPU Lamongan Divisi Sosialisasi, Fatkhur Rohman (foto : Ardiyanto/lamongantimes)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lamongan akan melanjutkan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Lamongan yakni penetapan pasangan terpilih.

Menurut Komisioner KPU Lamongan, Divisi Sosialisasi, Fatkhur Rohman, mengatakan KPU akan menetapkan pasangan calon (paslon) terpilih pada Selasa (22/12/2015) besok.

“Persiapan (untuk penetapan) sudah kami lakukan. Pagi tanggal 22 kami pleno penetapan,” ungkapnya, Senin (21/12/2015)

“Penetapan besok kami akan undang masing-masing paslon, Forkopimda, Panwaslu, Komisi A DPRD Lamongan,” akunya.

Lebih lanjut, Fatkhur menjelaskan, kewajiban KPU hanya sebatas mengundang paslon, namun tidak mewajibkan paslon hadir dalam penetapan pemenang Pilkada. “Tidak ada kata wajib. kan mengundang sesuai di PKPU nomor 11 tahun 2015 pasal 54,” urainya.

Rencana penetapan tersebut, lanjut dia, menyusul tidak adanya gugatan terhadap proses Pilkada di Kabupaten Lamongan yang dilayangkan ke Mahkamah Konstitusi (MK). “Insyaallah tidak ada (gugatan),” sebutnya.

KPU, akunya sudah menerima surat dari MK tentang keterangan perkara persilisihan hasil pemilihan gubernur, bupati, dan wali kota tahun 2015 menyatakan Rapat Pleno yang dilakukan oleh KPU Lamongan bersih dari gugatan.

Atas dasar surat dari MK tersebut, Fatkhur menambahkan akan melakukan penetapan pemenang Pilkada Lamongan besok. “Rencananya pagi jam 9 penetapannya,” tambah Fatkhur.

Seperti diketahui, sesuai dengan Rapat Pleno rekapitulasi perolehan suara Pilkada, KPU Lamongan, menyatakan incumbent H Fadeli-Hj Kartika Hidayati (FAKTA) keluar sebagai pemenang Pilkada setelah mendapatkan 488.833 (71,14 %) suara.

Pasangan yang diusung 9 partai politik itu mengalahkan pasangan Nursalim-Edy Wijaya (SAE)  yang memperoleh 165.877 suara (26,29 %), dan pasangan Mujianto-Sueb (JOS) dengan 16.191 (2,57 %) suara. (*)