Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Politik Pilkada Serentak 2015

KPU Jember Gunakan Kuda Jangkau Daerah Terpencil

Penulis : Mahrus Sholih - Editor : Redaksi

08 - Dec - 2015, 17:29

Placeholder
Kapolres Jember, AKBP Sabilul Alif, SIK, saat memimpin pengawalan distribusi logistik Pilkada dengan menggunakan kuda sebagai alat transportasi di kawasan terpencil yang berada di wilayah Kecamatan Tempurejo. (Foto : Istimewa)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jember, menggunakan kuda sebagai alat transportasi untuk mengangkut logistik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), Selasa (8/12/2015). Hal itu dilakukan untuk menjangkau lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) di wilayah terpencil yang berada di Kecamatan Tempurejo.

“Di Jember ada tujuh TPS yang pendistribusian logistiknya memakai kuda, yaitu enam TPS di Dusun Bandialit dan Dusun Sumbersalak Desa Andongrejo. Satu TPS lagi yaitu di Dusun Curahjambe Desa Curahtakir,” kata Divisi Perencanaan Anggaran dan Logistik KPU Jember, Dwi Endah Prasetyowati, Selasa (8/12).

Endah memaparkan, pemakaian kuda ini karena medan untuk menjangkau wilayah tersebut tidak memungkinkan menggunakan kendaraan bermotor.

“Untuk enam TPS di Desa Andongrejo yakni TPS nomor 12 sampai nomor 17. Sedangkan satu TPS Desa Curahtakir yakni TPS nomor 28. Jalan menuju TPS tersebut harus menaiki lereng gunung dan lebarnya hanya setapak kaki. Sehingga kuda menjadi solusi utama distribusi logistik ke lokasi tersebut,” terang Endah.

Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Tempurejo, Ahmad Susanto menyebutkan, berdasarkan Daftar Pemilih Tetap (DPT), jumlah pemilih di enam TPS terpencil desa Andongrejo itu sebanyak 1.102 pemilih. “Sedangkan untuk satu TPS di Dusun Curahjambe Desa Curahtakir sebanyak 123 pemilih,” katanya.

Santo menjelaskan, lokasi yang terpencil, medan yang sulit, serta telah datangnya musim penghujan membuat pihaknya tidak mempunyai cara lain selain memakai kuda. Penyebabnya, selain memiliki tenaga lebih kuat dibandingkan motor saat tanjakan, kuda juga mempermudah saat melalui jalan yang licin.

“Distribusi logistik ini merupakan tanggung jawab kami selaku pelaksana pemilihan. Walaupun lokasinya terpencil dan sulit dijangkau, namun kami tetap wajib melaksanakan tugas mendistribusikan logistik ini,” kata Santo.

Logistik pemilu yang dikirimkan tersebut meliputi kotak suara, bilik suara, alat pencoblosan, surat suara dan beberapa alat kelengkapan TPS lainnya.

Dari pantauan di lapangan, KPU Jember telah menyiapkan sebanyak lima kuda di Desa Andongrejo untuk pendistribusian logistik tersebut. Kegiatan tersebut secara langsung mendapatkan pengamanan dari Kepolisian Resor (Polres) Jember. (*)


Topik

Politik Pilkada-Serentak-2015 KPU-Jember



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mahrus Sholih

Editor

Redaksi