Salah satu rumah korban longsor di Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri, Februari lalu

Salah satu rumah korban longsor di Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri, Februari lalu



JATIMTIMES, KEDIRI - Beberapa wilayah di Kabupaten Kediri masuk dalam kawasan rawan longsor. Salah satunya terletak di Kecamatan Mojo, yang berada di kaki Gunung Wilis.

Desa Blimbing misalnya, pada awal tahun ini sempat terjadi longsor. Meskipun tidak ada korban jiwa, namun kerugian material cukup besar karena rumah-rumah warga banyak yang rusak. Tidak hanya itu, warga juga harus mengungsi.

Saat itu sekitar 192 warga meninggalkan rumah menuju tempat yang aman. Mereka menempati bangunan sekolah dasar yang berada di tempat yang relatif aman sebagai titik mengamankan diri.

Longsoran tebing yang berada di desa itu menutup beberapa jalan. Kontan hal ini menyebabkan terputusnya akses yang kemudian berdampak pada beberapa hal misalnya sisi ekonomi warga.

Pemerintah setempat dibantu TNI dan elemen lainnya berjibaku memperbaiki infrastuktur yang ada. Meski kondisinya sudah membaik, namun  potensi longsor tetap terjadi.

Juru Bicara Pemerintah Kabupaten Kediri Haris Setiawan mengatakan, pihaknya sudah mengantisipasi dengan berkoordinasi lintas bidang menyusul masuknya musim penghujan ini. Skenario disusun dalam menghadapi bencana alam seperti longsor, lahar hujan, banjir, hingga puting beliung.

"Khusus wilayah Kecamatan Mojo, saat ini sudah dibentuk Desa Siaga Bencana," ujar Haris Setiawan, Sabtu (14/11/2015). (*)


End of content

No more pages to load