Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Kesehatan

RSU Wajak Husada Miliki Layanan Alat Bantu Tubuh Ortotik Prostetik, Jadi yang Pertama di Malang Raya

Penulis : Ashaq Lupito - Editor : Nurlayla Ratri

14 - May - 2024, 17:12

Placeholder
Rumah Sakit Umum Wajak Husada yang memiliki layanan ortotik prostetik pertama di Malang Raya. (Foto: RSU Wajak Husada for JatimTIMES)

JATIMTIMES - Rumah Sakit Umum (RSU) Wajak Husada memiliki beragam layanan kesehatan unggulan. Satu di antaranya meliputi layanan ortotik prostetik atau alat bantu tubuh.

Melalui ortotik prostetik, pasien bisa mendapatkan layanan alat bantu untuk mengganti atau membantu bagian tubuh yang tidak berfungsi dengan baik. Layanan unggulan ortotik prostetik tersebut juga bisa dimanfaatkan bagi pasien usai menjalani amputasi akibat kondisi tertentu.

"Ada beberapa layanan unggulan di Wajak Husada, yang pertama itu ada layanan ortotik prostetik, alat gerak," ungkap Founder RSU Wajak Husada dr H. Puguh Wiji Pamungkas, saat ditemui JatimTIMES pada Selasa (14/5/2024).

Dijelaskan Puguh, ortotik prostetik menjadi salah satu layanan unggulan di RSU Wajak Husada. Terlebih, dokter spesialis orthopedi di salah satu rumah sakit terbaik di Malang Raya tersebut telah menjalani pendidikan khusus di Amerika Serikat. Yakni selama beberapa bulan sebelum akhirnya resmi dibuka pelayanan ortotik prostetik di RSU Wajak Husada.

"Dokter kami kebetulan kemarin kita dorong untuk ikut kursus di Texas, Amerika Serikat untuk bisa membuat alat gerak yang mirip seperti aslinya. Misalnya kaki palsu, jari palsu, hingga tangan palsu," ujarnya.

Tidak hanya mirip seperti aslinya, secara fungsi layanan pada ortotik prostetik di RSU Wajak Husada tersebut juga bisa menggantikan fungsi dari anggota tubuh manusia.

"Modelnya dan fungsinya itu mirip, secara tampilan juga mirip," tuturnya.

Hingga kini, disampaikan Puguh, tidak semua rumah sakit memiliki layanan ortotik prostetik. Bahkan, RSU Wajak Husada hingga kini masih menjadi yang pertama di Malang Raya. 

"Saya pikir layanan itu sepertinya satu-satunya di Malang," tuturnya.

Lantaran tidak semua rumah sakit memiliki layanan ortotik prostetik itulah, membuat sejumlah pasien dari luar wilayah Kabupaten Malang memanfaatkan layanan unggulan yang ada di RSU Wajak Husada tersebut. 

"Pasien kita yang mengakses program itu yang dari luar kota banyak. Seperti Tulungagung, Kediri, dan beberapa daerah lainnya. Karena rumah sakit yang menyediakan layanan alat gerak ini tidak banyak," ujar Puguh.

Sekedar informasi, layanan ortotik prostetik berbasis industri 4.0 yang ada di RSU Wajak Husada tersebut, merupakan layanan alat bantu untuk mengganti atau membantu bagian tubuh yang tidak berfungsi dengan baik, maupun amputasi akibat kondisi tertentu.

Ortotik prostetik bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup orang-orang yang memiliki beragam keterbatasan. Seperti di antaranya meliputi memperbaiki atau mengkoreksi alignment anggota tubuh, membantu atau mengontrol pergerakan sendi, penyangga untuk mengurangi beban, pelindung dari gangguan fisik, hingga menggantikan fungsi atau penampilan.

Sementara itu, layanan ortotik prostetik di RSU Wajak Husada terdiri dari berbagai kategori. Yakni Hip Knee Ankle Foot Orthose (HKAFO), Knee Ankle Foot Orthose (KAFO), Ankle Foot Orthose (AFO), hingga sepatu koreksi atau memperbaiki telapak kaki flat.

Sementara itu, berbagai contoh layanan unggulan ortotik prostetik di RSU Wajak Husada tersebut meliputi jari palsu, tangan palsu, hingga kaki palsu bawah.

"Memang semangat kami adalah terus menciptakan value baru untuk masyarakat, karena dengan value itu, bukan hanya kami akan memberikan layanan terbaik kepada masyarakat. Tapi kami juga bisa memberikan komprehensif servis kepada masyarakat yang datang ke Wajak Husada," pungkas Puguh.


Topik

Kesehatan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ashaq Lupito

Editor

Nurlayla Ratri