Ilustrasi. (Foto: googleimage)
Ilustrasi. (Foto: googleimage)

JATIMTIMES – TNI berencana menambah 2000 personel untuk menjaga perairan Natuna, Kepulauan Riau. 2000 personel terseut berasal dari sejumlah pasukan elit di tubuh TNI, seperti Korps Pasukan Khas (Kopaskhas) TNI Angkatan Udara, Korps Marinir TNI Angkatan Laut dan Raider TNI Angkatan Darat.

"Kita tidak hanya menambah alutsistanya di wilayah Natuna, namun jumlah personel TNI akan ditambah," kata Menteri Pertahanan (Menhan) Jenderal TNI (Pur) Ryamizard Ryacudu dalam kunjungan kerjanya ke Pulau Natuna, Kepulauan Riau, Rabu (16/9/2015).

Menhan mengatakan Natuna nantinya akan dijaga satu kompi Kopaskhas, dua kompi Raider dan dua kompi Korps Marinir. Pasukan yang ditempatkan di Natuna adalah pasukan Raider plus, yang mampu menggunakan 'sea rider' dan mampu melalukan pertempuran di laut.

Penduduk Natuna juga akan dibekali dengan pengetahuan bela negara agar rakyat memiliki rasa cinta terhadap Tanah Air.

"Ini wilayah perbatasan. Rakyat Natuna harus lebih dahulu dibekali bela negara, rakyat terlatih, rakyat militan, yang akan mengerti tentang perang. Nanti kita akan tempa di tempat-tempat tertentu," ujarnya.

Selain Pulau Natuna wilayah perbatasan di Marauke, Maluku, Tarakan, serta wilayah antara Sulawesi dan Kalimantan juga akan diperkuat alutsista dan personel TNI. (*)