Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Libur HUT RI Ke-70, Pendaki di Gunung Arjuno - Welirang Meningkat Tajam

Penulis : Andi Hartik - Editor : Redaksi

17 - Aug - 2015, 15:13

Placeholder
Sejumlah pendaki saat melintas di jalur pendakian Gunung Arjuno - Welirang, (Andi Hartik / Pasuruan Times)

JATIMTIMES, PASURUAN - Libur Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-70, wisata pendakian Arjuno - Welirang mengalami peningkatan pengunjung. Terhitung sejak Jumat (14/8/2015) hingga Minggu (16/8/2015), jumlah pendaki yang memadati gunung tersebut mencapai 1800 orang.

Jumlah pengunjung sebanyak itu, dikatakan Agus Budi Utomo, Korlap Arjuno - Welirang, meningkat dari libur kemerdekaan tahun sebelumnya. Dimana, jumlah pengunjung tahun lalu hanya mencapai 1399 pendaki.

"Memang kalau pendakian musim ramainya Agustus dan tahun baru," katanya kepada Pasuruan Times, Senin (17/8/2015)

Sementara itu, meningkatkan jumlah pendaki dibandingkan tahun lalu diakuinya karena kondisi di Gunung Semeru yang sempat ditutup karena ada survive yang belum ditemukan. Pasca survive itu ditemukan pada Kamis (13/8/2015), pihak Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) hanya melayani pendaki yang mendaftar secara online.

"Ini kemungkinan juga pengaruh dari Semeru, yang hanya melayani pendaki yang sudah mendaftar online," jelasnya.

Mengenai pengamanan, Agus menyebut tidak jauh beda dari tahun sebelumnya. Yakni mensiagakan setiap petugas di tiap desa penyanggah.

"Jadi untuk pengamanan di kami ada renger dua orang di setiap desa penyanggah. Itu dimaksimalkan," terangnya.

Mengenai kondisi cuaca di puncak, Agus menyebut cerah dan kadang berkabut lalu gerimis. Itu menurutnya bagus untuk kondisi pendakian.

Saat ini, sejumlah pendaki itu sudah mulai turun. Sebab, tujuan pendaki hanya ingin merayakan HUT RI ke-70. Selain itu, besok Selasa (16/8/2015), jam kantor sudah kembali aktif. (*)


Topik

Peristiwa HUT-Ke-70-RI Gunung-Arjuna-Welirang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Andi Hartik

Editor

Redaksi