Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Hindari Gagal Panen, Pemkab Malang Normalisasi Irigasi

Penulis : Timothy Peter Ratag - Editor : Redaksi

13 - Aug - 2015, 12:16

Placeholder
Ilustrasi Pengerukan sedimen tanah untuk normalisasi irigasi. (foto: googleimage)

JATIMTIMES, MALANG – Menghindari gagal panen padi (puso) dikarenakan penurunan pasokan air pada musim kemarau ini Pemerintah Kabupaten Malang melakukan normalisasi saluran irigasi pertanian dan embung. Normalisasi saluran irigasi tersebut dilakukan di sejumlah wilayah dan akan terus dilakukan hingga seluruh saluran irigasi pertanian normal kembali.

Kepala Dinas Pengairan Kabupaten Malang Wahyu Hidayat, Kamis (13/8/2015), mengatakan selama ini saluran irigasi banyak yang mengalami pendangkalan karena sedimen, sehingga menghambat distribusi air ke sawah.

"Akibat musim kemarau saat ini sudah ada sekitar 1.412 hektare sawah yang ada di lima kecamatan di Kabupaten Malang, yakni Kecamatan Jabung, Turen, Ngantang, Sumbermanjing Wetan, dan Gedangan terancam puso," katanya.

Ia menambahkan, meski ada beberapa kecamatan yang terancam gagal panen akibat kekeringan, tidak akan mengurangi jumlah ketersediaan pangan dan tahun ini masih cukup aman, bahkan musim kemarau tidak berpengaruh banyak terhadap hasil produksi yang diperkirakan masih surplus beras hingga 70 ribu ton pada tahun ini.

"Harapan kami, dengan melakukan normalisasi (pengerukan) sedimen di sejumlah lokasi irigasi pertanian dan embung, distribusi dan aliran air akan lancar untuk mengairi lahan pertanian, sehingga gagal penen yang mulai mengintip petani ini bisa dihindari," ucapnya.

 


Topik

Peristiwa Gagal-panen Normalisasi



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Timothy Peter Ratag

Editor

Redaksi