Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Politik Pilkada Serentak

Panwas Temukan Kejanggalan Proses Coklit Data

Penulis : Mahrus Sholih - Editor : Redaksi

11 - Aug - 2015, 15:26

Placeholder
Anggota panwascam saat menyampaikan laporan pengawasan ke Panwaslih Kabupaten Jember. (foto: mahrus/jembertimes)

JATIMTIMES, JEMBER - Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) pemilu Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Jember, menemukan sejumlah kejanggalan dalam proses pencocokan dan penilitian (Coklit) daftar pemilih. 

Kejanggalan itu ditemukan di beberapa kecamatan di Jember yang dilakukan oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP). Kejanggalan tersebut di antaranya, tidak adanya kesamaan petugas coklit dengan PPDP yang telah ditetapkan oleh KPU Jember. Selain itu juga penyerahan tugas coklit yang dibebankan ke orang lain oleh PPDP tersebut.

"Kemarin kami telah melakukan supervisi ke beberapa kecamatan di Jember. Yakni, Kecamatan Sumberjambe dan Kecamatan Silo. Di sana kami menemukan kejanggalan mengenai pelaksanaan coklit yang seharusnya dilakukan oleh PPDP sesuai dengan SK yang dikeluarkan oleh KPU, melainkan coklit itu dikerjakan oleh orang yang berbeda dengan SK tersebut," ujar Komisioner Panwaslih Jember, Nur Elya Anggraeni, saat memberi materi bimbingan teknis (Bimtek) ke panitia pengawas kecamatan, Selasa siang (11/8). 

Atas dasar temuan itu, kata Ely, panwaskab akan menginstruksikan ke seluruh Panwascam se-Jember agar terus mengawasi proses coklit hingga batas waktu yang telah ditentukan KPU, hingga tanggal 19 Agustus mendatang. 

"Untuk memastikan bahwa proses coklit berjalan sesuai dengan peraturan, panwascam wajib memberi laporan per hari tentang pergerakan data dan proaes pemutakhiran yang dilakukan oleh PPDP," tegas Ely. (*)


Topik

Politik Pilkada-Serentak



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mahrus Sholih

Editor

Redaksi